Tingkatkan Kualitas Ternak, BAZNAS Periksa Kesehatan Domba Milik Mustahik

Home / Berita / Tingkatkan Kualitas Ternak, BAZNAS Periksa Kesehatan Domba Milik Mustahik

LPPM BAZNAS sebagai lembaga pemberdayaan yang fokus dibidang peternakan terus berupaya meningkatkan kualitas ternak di Balai Ternak BAZNAS. Salah satu hal yang dilakukan adalah pemeriksaan rutin kesehatan ternak domba yang dilakukan oleh Balai Ternak BAZNAS Bogor pada Jumat (30/12).

Domba merupakan hewan ternak yang hidupnya bergerombol. Untuk mendapatkan keuntungan dalam pemeliharaannya, maka harus diperhatikan berbagai macam faktor penting dalam manajemen peternakan. Dalam upaya mendapatkan hasil yang baik dari pemeliharaan domba, faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah jenis bibit yang dipelihara harus dari hewan yang baik, termasuk bibit unggul dan keturunan yang baik. Selain itu, jenis makanan yang diberikan terdiri juga harus terdiri dari hijauan dan penguat secara teratur dan baik. Ditambah kandang yg bersih dan nyaman bagi ternak  agar hewan tetap sehat. 

Pada kesempatan ini, dua peternak BAZNAS Kabupaten Bogor yaitu Acep dan Endang, sedang melakukan aktivitas yaitu pemberian obat cacing kepada domba-dombanya. Kegiatan ini dilakukan agar domba tetap sehat dan daya tahan tubuhnya kuat dari serangan penyakit terutama cacing.

Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan pada domba, itu muncul saat BAZNAS hadir di tengah-tengah mereka. Kebiasaan peternak di desa-desa, terutama peternak kecil, menganggap domba sebagai rojo koyo atau simpanan saja, bukan sebagai peluang bisnis, maka beternak pun seadanya. Tapi melalui pendekatan dan pendampingan yang diberikan, lambat laun mereka sadar akan pentingnya manajemen peternakan terutama dalam hal ini adalah kesehatan ternak domba.

Semoga dengan adanya pendampingan dan pemeriksaan kesehatan rutin ternak ini dapat meningkatkan kualitas ternak dan mempercepat kemandirian Peternak Mustahik dalam merawat ternak.

#ZakatTumbuhBermanfaat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PendayagunaanBAZNAS
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

Leave a Comment