Semangat Anak Peternak Mustahik BAZNAS Angkat Ekonomi Keluarganya

Home / Berita / Semangat Anak Peternak Mustahik BAZNAS Angkat Ekonomi Keluarganya

Abdul Mustopa (15) atau akrab di sapa sebagai Adul, lahir dan besar di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Abdul merupakan anak laki-laki satu-satunya dari 4 bersaudara. Adul merupakan anak salah satu penerima manfaat dari program Balai Ternak BAZNAS di wilayah Garut. Walaupun keluarga Abdul memiliki keterbatasan ekonomi, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat Abdul untuk berjuang membantu perekonomian keluarganya.

Semangat itu hadir ketika BAZNAS melalui LPPM (Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik) mendirikan Balai Ternak di Garut. Ketika anak lain seusianya bermain, Abdul lebih memilih memegang “Arit”, nama salah satu domba di Balai Ternak. Sehari-hari Adul membantu ayahnya, Caca dalam merawat dan memberi makan ternak di Balai Ternak Baznas. Adul membantu Ayahnya mencari rumput untuk membantu orang tuanya yang bekerja pula sebagai kuli panggul di gunung.

Semangat Abdul merawat ternak bukan tanpa sebab. Ia berharap program ini menjadi satu-satunya harapan untuk bisa hidup lebih sejahtera bersama orangtuanya di tengah kesederhanaan mereka saat ini. Abdul bercita-cita ingin membuatkan rumah untuk orang tuanya berteduh yang lebih baik melalui program Balai Ternak. Saat ini Abdul dan keluarga menempati rumah dengan ukuran 3 x 6 meter yang dihuni oleh 8 orang.

Semangat dan kerja keras Abdul sedikit demi sedikit menampakkan hasil ketika ternak Domba Garut yang dipeliharanya bersama sang Ayah melahirkan 2 anak betina. Selang beberapa hari induk yang lain melahirkan 1 ekor anak jantan. Abdul pun semakin bersemangat untuk membantu Ayahnya merawat ternak.

Program Balai Ternak adalah program pembedayaan ekonomi mustahik dalam sektor peternakan. Balai Ternak ini memadukan konsep pembibitan ternak dan penggemukan ternak dengan pemberdayaan masyarakat khususnya petani dan peternak kecil.

#ZakatTumbuhBermanfaat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PendayagunaanBAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)
www.baznas.go.id

Leave a Comment