Ragam Komoditas Istimewa di Balai Ternak BAZNAS Garut

Home / Berita / Ragam Komoditas Istimewa di Balai Ternak BAZNAS Garut

Domba Garut merupakan plasma nutfah asli Jawa Barat terutama wilayah Garut. Domba Garut memiliki ciri-ciri bentuk tubuh relatif besar dari pada domba jenis biasa. Kedua, domba jantan bertanduk besar, kokoh kuat dan melingkar, domba betina tidak bertanduk, walaupun bertanduk ukurannya kecil. Ketiga, Domba Garut memiliki daun telinga yang relatif sangat kecil dan kokoh baik jantan atau betina atau di kenal dengan istilah “rumpung” (kurang 4 cm) dan ngadaun hiris (4-8 cm). Keempat, ekor berbentuk segitiga terbalik dengan timbunan lemak pada pangkal ekor dan mengecil pada bagian bawah.

Domba Garut sebagai salah satu ternak yang dikembangkan di Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Garut. Pertumbuhan ternak Domba Garut ikut menunjang Balai Ternak Garut sebagai Balai Ternak dengan pertumbuhan ekonomi terbaik 2019 pada acara LPPM Award.

Diat (38), salah satu peternak di Balai Ternak BAZNAS Garut sekarang berfokus dalam penyeleksian anak Domba Garut yang dilahirkan di Lokasi Balai Ternak.

“Setelah banyaknya kelahiran di Balai Ternak Garut dengan total indukan 180 induk dan beberapa pejantan unggul hasil seleksi sekarang kita ingin fokus dalam penyeleksian anak yang kualitasnya baik yang mungkin nanti akan dijadikan calon untuk domba hias atau tangkas untuk anakan jantan,” jelasnya.

Di Balai Ternak Garut sendiri sat ini sudah memulai menyeleksi anakan jantan yang kualitasnya baik dimana keturunan yang bagus, anak domba jantan umur satu minggu sudah kelihatan bakal tanduknya, seiring dengan bertambahnya umur domba bertambah besar pula tanduknya dan badan bongsor atau cepet besar.

#ZakatTumbuhBermanfaat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PendayagunaanBAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional

www.baznas.go.id

Leave a Comment