Peternak BAZNAS Lakukan Monitoring Rutin Umur Hewan untuk Kurban

Home / Berita / Peternak BAZNAS Lakukan Monitoring Rutin Umur Hewan untuk Kurban

Peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat lakukan monitoring rutin terhadap ternak sapi bakalan salah satunya penentuan usia ternak, Selasa (20/7/2020). Cara menentukan usia hewan kurban di Balai Ternak BAZNAS adalah melalui proses recording sejak ternak lahir terus dimonitoring perkembangannya. Selain itu perhitungan usia ternak bisa juga melalui perhitungan gigi dan pergantian gigi pada ternak.

Zaenudin salah satu peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat didampingi oleh pendamping melakukan pemeriksaan gigi pada sapi. Pemeriksaan usia pada sapi dilakukan secara rutin oleh peternak mustahik dalam rangka monitoring dan proses recording sapi. Penentuan usia ini sangat penting dilakukan karena dapat untuk menentukan program pemeliharaan yang tepat dan apakah sapi tersebut layak atau tidak untuk dijadikan sebagai hewan kurban.

Sebelumnya Zaenudin tidak paham terkait penentuan usia pada sapi dan lebih sering memperkirakan usia sapi. Namun setelah adanya pendampingan dari BAZNAS dan didukung dengan buku recording peternak dapat memudahkan peternak mustahik untuk menentukan usia dari sapi.

#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment