Peternak BAZNAS di Maros Jaga Kondisi Fisik Ternak Lewat Pemberian Vitamin Tambahan

Home / Berita / Peternak BAZNAS di Maros Jaga Kondisi Fisik Ternak Lewat Pemberian Vitamin Tambahan

Vitamin merupakan nutrisi pendukung yang dibutuhkan oleh sapi untuk mendukung metabolisme, pertumbuhan, reproduksi, dan pengemukan. Pemberian vitamin dilakukan secara rutin sebanyak 1 kali dalam 3 bulan termasuk di Balai Ternak BAZNAS Maros sebagai salah satu penerapan manajemen kesehatan ternak. Pada Selasa (7/7/2020) peternak mustahik didampingi oleh pendamping program lakukan pemberian vitamin melalui injeksi kepada sapi.

Enhal selaku pendamping program menyampaikan bahwa pemberian vitamin kepada ternak sapi di Balai Ternak BAZNAS Maros berfungsi sebagai pecegahan defisiensi vitamin pada ternak, menambah daya tahan tubuh ternak, meningkatkan nafsu makan ternak, dan memperlancar proses metabolisme pada sistem pencernaan.

Pengemukan merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Maros. Sebelum dilakukan tahap pengemukan untuk mempercepat penambahan bobot sapi penanganan pertama pada bakalan sapi adalah melalui pemberian obat cacing, anti parasite, dan vitamin. Fungsi vitamin ini pada tahap pengemukan adalah menstabilkan kondisi tubuh sapi sebelum digemukkan.

Kelompok Peternak Julu Baji yang terletak di Desa Salomatti, Kabupaten Maros ini memiliki kiat untuk menjaga kondisi ternak sapi dengan memperhatikan kebutuhan pakan yang seimbang, manajemen kesehatan melalui pemberian vitamin dan pengecekan kondisi fisik sapi, dan manajemen reproduksi. Dengan pendampingan yang diberikan oleh BAZNAS melalui LPPM BAZNAS diharapkan dapat mempercepat kemandirian peternak dalam menghasilkan produk peternakan yang berkualitas bagi konsumen.

#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment