Pendamping Program Balai Ternak BAZNAS Ikuti Pelatihan Fermentasi Pakan di Hiji Farm

Home / Berita / Pendamping Program Balai Ternak BAZNAS Ikuti Pelatihan Fermentasi Pakan di Hiji Farm

Budaya penyediaan pakan untuk ternak domba kambing di Indonesia adalah dengan metode ngarit. Seiring waktu, para peternak mulai berfikir bahwa metode ngarit tidak dapat terus-terusan digunakan dalam penyediaan pakan. Hal tersebut dikarenakan ngarit menghabiskan banyak waktu, tenaga, apalagi saat musim kemarau tiba.

Pada Minggu (23/8/2020), Pendamping Balai Ternak BAZNAS dan Supervisor Program LPPM BAZNAS ikuti peningkatan kapasitas terkait usaha peternakan melalui pelatihan fermentasi pakan dan usaha Aqiqah yang dilaksanakan oleh Hiji Farm bersama PT Hidup Cerah Sejahtera (HCS). Pelatihan yang bertajuk “Pembuatan Pakan Fermentasi Tanpa Ngarit Setiap Hari Bahkan Setahun” ini diharapkan dapat diaplikasikan bersama peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Bogor untuk dapat melakukan manajemen pakan yang efisien.

Dari pelatihan yang diikuti didapatkan bahwa inovasi penyetokan pakan ternak sangat perlu dilakukan dalam kurun waktu tertentu agar tidak setiap hari mengarit di lahan hijauan. Metode penyetokan pakan dapat dilakukan dengan cara memfermentasikan hijauan hasil aritan kemudian ditambah bahan-bahan tertentu agar mencukupi kebutuhan ternak.

Output dari kegiatan fermentasi pakan adalah didapat stok pakan yang cukup dalam kurun waktu tertentu, aman dimakan, dan mencukupi kebutuhan nutrisi ternak.

#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment