Pakan Silase Produksi Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah Semakin Dilirik Industri Peternakan

Home / Berita / Pakan Silase Produksi Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah Semakin Dilirik Industri Peternakan

Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah yang dikembangkan oleh LPPM BAZNAS tidak hanya melakukan pembiakan ternak kambing tapi juga sudah mengembangkan usaha yang akan mempercepat kemandirian peternak. Pengembangan usaha yang dilakukan adalah pembuatan pakan fermentasi atau silase.

Silase yang dihasilkan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan ternak tapi juga diminati oleh industri peternakan. Kualitas dan kuantitasi produksi silase yang dihasilkan di Balai Ternak BAZNAS sudah diakui oleh konsumen peternak di daerah Lampung. Beberapa waktu lalu, Lampung Peduli yang diwakili oleh Umar dan Rini dan Dompet Dhuafa Lampung diwakili oleh Juperta Panji menjajaki kerjasama Balai Ternak BAZNAS Lampung. Kunjungan ini diterima oleh Indra selaku pendamping Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah.

Kunjungan dari Lampung Peduli dan Dompet Dhuafa ini dalam rangka penjajakan kerjasama suplai pakan silase dan complete feed. Lampung peduli memiliki mitra kelompok ternak dengan populasi 300 ekor ternak kambing. Jumlah ini memungkinkan Balai Ternak BAZNAS menjadi supplyer silase hasil produksi kelompok peternak mustahik.

Umar dari Lampung Peduli menyatakan produksi dan kualitas pakan silase dari Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah yang bagus sangat mendukung untuk mendukung supply pakan di kelompok ternak Lampung Peduli. Selain menjajaki kerjasama Umar juga sangat terinspirasi melihat proses pembinaan dan pemberdayaan yang dilakukan oleh BAZNAS.

“Pembinaan dan pemberdayan kelompok yang dilakukan oleh BAZNAS patut dicontoh karena disamping pembinaan dari segi SDM juga dilatih untuk mandiri mampu menciptakan produk dan produk yg dihasilkan mampu memenuhi kebutuhan dasar peternakan,” ujar Umar.

Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah secara prinsip dengan kelompok peternak mustahik sudah memiliki kecocokan kualitas silase sesuai yang diharapkan oleh Lampung Peduli. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan akan meningkatkan perekonomian peternak mustahik.

“Dengan kerjasama ini kami dari Kelompok Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah akan terus meningkatkan kualitas pakan silase yang dihasilkan sehingga tidak mengecewakan konsumen dan peternak mustahik lebih termotivasi lagi untuk menghasilkan produk silase,” ujar Indra.

Silase merupakan salah satu teknologi pengolahan pakan yang menggunakan prinsip biologis yaitu pemanfaatan bakteri anaerob yang menguntungkan dengan proses fermentasi. Silase yang diproduksi tidak hanya dimanfaatkan untuk keperluan nutrisi ternak di Balai Ternak BAZNAS Lampung namun juga di jual dan menghasilkan keuntungan untuk meningkatkan kemandirian peternak mustahik. Ini sebagai upaya pemberdayaan dari LPPM BAZNAS dalam proses pengembangan usaha dan dapat mempercepat kemandirian peternak mustahik.

#SemestaKebajikanZakat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PendayagunaanBAZNAS
Badan Amil Zakat Nasional

Leave a Comment