LPPM BAZNAS Kembangkan Program Balai Ternak di Lampung Tengah

Home / Berita / LPPM BAZNAS Kembangkan Program Balai Ternak di Lampung Tengah

Lampung Tengah (27-29/08/19). Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS melakukan kegiatan Studi Kelayakan Wilayah (SKW) di Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah. SKW ini merupakan awal kegiatan yang dilakukan oleh LPPM BAZNAS pada saat akan menyalurkan program Balai Ternak.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mendapatkan wilayah yang sesuai dengan kriteria program yang telah ditetapkan yang berorientasi pada kebijakan program ekonomi BAZNAS khususnya pendayagunaan. Adapun sasaran lokasi yang akan dituju sebagai syarat yang harus dipenuhi adalah

  1. Lokasi memiliki potensi sumberdaya alam yang mendukung program peternakan yang akan dikembangkan.
  2. Ketersediaan infrastuktur lancar, yaitu jalan yang dapat dijangkau kendaraan roda empat, air, dan listrik.
  3. Kondisi masyarakat yang mendukung program.
  4. Mudah dijangkau oleh Pendamping.

Kegiatan SKW ini diawali dengan sosialisasi kepada ketua, para wakil ketua, dan staf pelaksana BAZNAS Lampung Tengah. Pada hari kedua dilanjutkan dengan sosialisasi dan transek lapangan di dua desa, yaitu Desa Rukti Endah dan Rejo Asri. Desa ini merupakan salah satu desa yang akan dijadikan program Balai Ternak. Pada saat sosialisasi dihadiri oleh 25 orang warga kedua desa, aparat desa, dan perwakilan dari BAZNAS Lampung Tengah. Sedangkan pada saat transek desa, dilakukan diskusi dan kunjungan ke rumah beberapa calon penerima manfaat. Jenis ternak yang akan kami budidayakan di desa ini adalah kambing jawarandu.

Rencana yang akan dilakukan oleh LPPM BAZNAS khususnya pada program Balai Ternak ini sampai dengan pertengahan bulan Oktober adalah studi kelayakan peternak mustahik (tahap awal untuk 20 penerima manfaat), Pelatihan Dasar Peternak (PDP), pembentukan kelompok, pembukaan rekening kelompok, pembangunan kandang koloni di dua desa, pengadaan ternak, pelatihan manajemen budidaya ternak kambing, dan launching program.

Semoga program Balai Ternak yang disalurkan oleh BAZNAS dapat meminimalisir kemiskinan yang ada di wilayah Lampung Tengah. Semakin berkembangnya program Balai Ternak ini, menandakan bahwa zakat yang diberikan oleh Muzaki melalui BAZNAS itu tumbuh dan bermanfaat serta dapat tersalurkan dengan baik.

Leave a Comment