LPPM Berikan Pelatihan Peternak di Balai Ternak BAZNAS Wilayah Garut

Home / Berita / LPPM Berikan Pelatihan Peternak di Balai Ternak BAZNAS Wilayah Garut

Selasa (27/08/2019) bertempat di sekretariat Balai Ternak BAZNAS Wilayah Garut mengadakan pelatihan kelompok peternak Mustahik. Kegiatan ini dihadiri dihadiri oleh Sugeng Prayitno selaku Manajer Program Peternakan LPPM, Eka Nofiansyah selaku Manajer Operasional dan Keuangan LPPM, Pendamping dan 19 orang anggota  Kelompok Peternak Barokah.

Tujuan dilakukannya pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan motivasi pendamping, pengurus dan anggota peternak dalam menjalankan program kedepannya. Beberapa hal yang disampaikan dalam pertemuan ini yaitu :

  1. Menyiapkan kader-kader teknis kelompok seperti kader produksi (reproduksi dan pemeliharaan), kader kesehatan, kader pakan, kader kelembagaan dan kader keuangan.
  2. Perintisan usaha kelompok dalam mempercepat pendapatan anggota
  3. Mempersipakan pembentukan kelembagaan lokal
  4. Pentingnya pencatatan mutasi kas dan
  5. Kedisiplinan merupakan sebuah kunci dari laporan yang rapih dan benar
  6. Manajemen asset

Kelompok Peternak Barokah baru berjalan kurang lebih 8 bulan dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 20 KK. Rata-rata pendapatan keuntungan setiap peternak perbulan Rp 216.600. Kelompok saat ini sudah bisa membeli ternak induk sebanyak 6 ekor dari uang kas kelompok, dan ternak tersebut disebar ke anggota kelompok.

Terimakasih Muzaki sudah menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS, dengan adanya bantuan ternak ini kehidupan para peternak mustahik khususnya di Balai Ternak Garut semakin membaik. Semoga para muzaki selalu diberikan rezeki yang berkah dan barokah, aamiin

Leave a Comment