Tata Cara Penanganan Kelahiran Ternak di Balai Ternak BAZNAS

Home / Berita / Tata Cara Penanganan Kelahiran Ternak di Balai Ternak BAZNAS

Bekasi, 23 Agustus 2019. Alhamdulillah telah lahir sepasang domba betina dan jantan di Balai Ternak BAZNAS Wilayah Bekasi. Domba ini merupakan domba milik peternak mustahik Endang Sudrajat. Ketika sang induk baru pertama kali melahirkan maka membutuhkan perlakuan khusus kepada anak domba agar kebutuhan nutrisi anakan tersebut dapat tercukupi.

Pada kelahiran kali ini anak domba tidak mau menyusu kepada induknya dikarenakan produksi susu induknya sangat sedikit, beginilah yang terjadi dengan domba indukan Endang Sudrajat. Dalam menjaga keberlangsungan hidup anak domba ada beberapa cara yang harus dilakukan yaitu, peternak berusaha menuntun sang anak domba agar terbiasa menyusu kepada induknya dan induknya mau untuk menyusui anaknya. Selain itu Endang Sudrajat juga sudah menyiapkan susu formula sebagai tambahan asupan pertama.

Kegiatan ini dilakukan terhadap anak-anak yang lahirnya lemah karena induknya tidak cukup memproduksi air susu atau induknya galak. Anak yang lemah tadi berada pada kotak nursery selama dua bulan sambil dilatih untuk makan rumput dengan cara dilepaskna pada pagi hari dan dikembalikan ke kotak nursery pada sore hari atau diberi rumput khusus untuk anak di kotak nursery.

Setelah umur dua bulan diharapkan anak sudah bisa mencari makan sendiri dan memiliki kekuatan tubuh seperti yang disusui induknya. Semoga ikhiar yang dilakukan Endang Sudrajat ini berhasil dan anakan yang baru lahir akan tetap sehat.

Leave a Comment