LPPM BAZNAS Lakukan Pembentukan Kelompok Peternak

Home / Berita / LPPM BAZNAS Lakukan Pembentukan Kelompok Peternak

Gresik, 18 Agustus 2019. Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik BAZNAS melakukan Seleksi Kelayakan Wilayah (SKW) di Desa Bangeran Kec. Dukun Kab.Gresik. SKW ini merupakan tahap awal yang dilakukan oleh Balai Ternak BAZNAS untuk menambah program Balai Ternak di wilayah yang strategis untuk dibuatkan Balai Ternak. Penilaian SKW ini dilihat dari (1) Lokasi memiliki potensi sumberdaya alam yang mendukung program peternakan yang akan dikembangkan, (2) Ketersediaan infrastuktur lancar, yaitu jalan yang dapat dijangkau kendaraan roda empat, air, dan listrik, (3) Kondisi masyarakat yang mendukung program, (4) Mudah dijangkau oleh Pendamping.

Setelah SKW ini dilakukan, selanjutnya Pendamping Peternak membentuk kelompok peterna. Pada prinsipnya pembentukan kelompok peternak berasal dari kebutuhan yang dirasakan oleh peternak sehingga mereka merasa perlu untuk menggabungkan diri dalam usaha perbaikan terhadap kondisi yang mereka alami, dengan mekanisme ini diharapkan mereka aktif dalam bergerak untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Jumlah kelompok peternak ini sebanyak 10 orang peternak mustahik dengan rata-rata umur 30-55 tahun dan nama kelompok Balai Ternak ini adalah Kelompok Peternak Barokah.

“Kelompok peternak ini berisi anggota peternak yang ekonominya termasuk pada kelas ekonomi lemah atau mustahik, dan rata-rata pendidikan terakhir mereka adalah SD. Selain itu latar belakang pekerjaan mereka adalah buruh, bahkan ada yang tidak memiliki pekerjaan namun semangat mereka untuk menjadi peternak di Balai Ternak BAZNAS sangat antusias”, ujar Rofiq pendamping peternak

Harapan peternak di Balai Ternak Gresik ini semoga dengan adanya program Balai Ternak BAZNAS, pendapatan mereka dapat meningkat. Selain itu juga dapat digunakan sebagai biaya pendidikan anak-anak mereka, sehingga impian anak-anak peternak dapat tercapai.

Leave a Comment