Mudahkan Proses Pencatatan, Balai Ternak BAZNAS Lakukan Pemasangan Ear Tag

Home / Berita / Mudahkan Proses Pencatatan, Balai Ternak BAZNAS Lakukan Pemasangan Ear Tag

Bertempat di Balai Ternak BAZNAS Kelompok Rambun Sari, Kabupaten Lampung Tengah, Peternak Mustahik bersama Pendamping mengadakan kegiatan rutin melalui pemantauan dan identifikasi rutin ternak, pada Sabtu (14/12). Kegiatan yang dilakukan berupa menimbang ternak untuk melihat kenaikan berat dan membersihkan sinitasi. Sedangkan kegiatan identifikasi dilakukan melalui pemasangan ear tag pada ternak.

Ear tag atau yang disebut anting pada sapi, kambing, atau domba adalah sejenis anting bernomor yang biasa di pasangkan pada daun telinga ternak, terbuat dari bahan karet atau plastik. Kegunaaanya sebagai tanda pengenal untuk ternak dan untuk memudahkan program pencatatan kambing atau domba (recording). Pemasangan Ear Tag sendiri merupakan salah satu bentuk pemeliharan ternak dari Balai Ternak BAZNAS untuk memudahkan dalam pemantauan, penimbangan, dan identifikasi dari ternak, sehingga akan didapatkan data yang jelas dari setiap ternak. Hal tersebut juga akan meningkatkan produktifitas dari Balai Ternak.

Setelah pemasangan ear tag dilakukan, Peternak akan melakukan proses sampling bobot ternak sebagai data yang diperlukan untuk melihat perkembangan berat ternak setiap bulannya. Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah rata-rata penambahan bobot ternak 2 kg perbulan. Semoga kegiatan rutin ini dapat meningkatkan kualitas dan produktifitas di Balai Ternak BAZNAS.


#ZakatTumbuhBermanfaat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PendayagunaanBAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

Leave a Comment