Mitra Pelaksana Kurban Online BAZNAS di Ponorogo Gelar Simulasi Pelaksanaan Kurban

Home / Berita / Mitra Pelaksana Kurban Online BAZNAS di Ponorogo Gelar Simulasi Pelaksanaan Kurban

Salah satu mitra pelaksana Kurban Online BAZNAS yaitu Koperasi Makmur Sentosa di Desa Desa Kwajon, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo lakukan persiapan pelaksanaan kurban di tempat pemotongan hewan (TPH) yang telah dipersiapkan sesuai dengan protokol pelaksaan kurban di tengah pandemic covid-19, pada Senin (27/7/2020).

Simulasi dilakukan sama seperti pelaksanaann Kurban Online BAZNAS yaitu mengunakan Alat Pelindung Diri (APD) bagi panitia pelaksana dan penerapan hygine personal.

Kegiatan simulasi diawali dengan persiapan diri petugas pelaksana melalui mencuci tangan dan pemasangan APD berupa hairnet, masker, kacamata safety, sarung tangan, apron, dan sepatu booth. Pengunaan APD dilakukan untuk pelaksanaan yang aman bagi pelaksana dan penerima daging kurban. Setelah petugas pelaksana mempersiapkan diri, hewan kurban yang akan disembelih dibawa ke tempat penyembelihan pada area TPH sehingga tidak menimbulkan kerumunan massa.

Pelaksanaan simulasi akan terus dilakukan oleh seluruh mitra pelaksana Kurban Online BAZNAS hingga Rabu (29/7/2020). Simulasi ini menjadi salah satu komitmen BAZNAS dalam pelaksanaan kurban yang tepat dan penyajian dokumentasi pelaksanaan yang baik kepada mudhohi mulai dari sebelum pemotongan, saat pemotongan, hingga proses distribusi.

Mudhohi akan mendapatkan laporan dan dokumentasi dari lokasi pelaksanaan bahwa hewan kurbannya telah sampai kepada penerima manfaat.

Koperasi Makmur Sentosa sebagai mitra pelaksana Kurban Online BAZNAS akan melakukan penyembelihan sebanyak 45 ekor kambing. Jumlah panitia pelaksana kegiatan akan dibatasi sebanyak 10 orang sehingga meminimalisir adanya kerumanan dan penerapan physical distancing bisa tetap dilaksanakan. Selain penerapan protokol kesehatan Covid-19 dilokasi penyembelihan, proses distribusi juga akan diantarkan langsung ke rumah masyarakat sehingga tidak terjadi antrian saat penerimaan daging kurban.


#KurbanOnlineBAZNAS
#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment