Mitra Kurban Online BAZNAS Bangun Tempat Pemotongan Hewan Kurban

Kurban Online BAZNAS merupakan program berkurban secara online yang mengikuti prosedur kesehatan covid-19 mulai dari pemotongan hingga pendistribusian daging kepada masyarakat desa yang membutuhkan. Salah satu penerapan protokol kesehatan yang dilakukan oleh BAZNAS berdasarkan Surat Edaran (SE) tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Non alam Corona Virus Disease (Covid-19) dari KEMENTAN adalah pelaksanaan pemotongan melalui RPH (Rumah Potong Hewan) dan TPH (Tempat Pemotongan Hewan) sementara.

Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kerumunan massa dan menjaga hygiene dari proses pelaksanaan pemotongan hingga pengemasan. Mayoritas dari pelaksanaan Kurban Online BAZNAS akan dilaksanakan pada TPH.

Sejak Minggu (19/7/2020), mitra pelaksana Kurban Online BAZNAS sudah mulai melakukan proses pembangunan TPH sementara, salah satunya Rumah Sehat BAZNAS Parigi Moutong di Desa Siniu Sayoginado, Kecamatan Siniu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. TPH yang dibuat berdasarkan protokol pelaksaan kurban yaitu 6×12 m dengan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu tempat pemotongan, pengulitan, pencacahan daging dan tulang, pengemasan, dan pembuangan limbah kotoran. TPH ini akan dijadikan tempat pemotongan 4 ekor sapi dengan target pendistribusian kepada 560 KK.

Pembangunan TPH ini sebagai salah satu langkah dari BAZNAS dalam melaksanakan kurban sesuai protokol Covid-19. Selain TPH, nantinya semua petugas pelaksana akan dibekali dengan APD (alat pelindung diri) yang telah dikirimkan kesuluruh mitra pelaksana.

#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia