LPPM BAZNAS Gelar Supervisi dan Pengukuran IPZ di Balai Ternak Gresik

Home / Berita / LPPM BAZNAS Gelar Supervisi dan Pengukuran IPZ di Balai Ternak Gresik

Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS menggelar supervisi program balai ternak dan engukuran Indeks Pendayagunaan Zakat (IPZ) di Balai Ternak BAZNAS Barokah, Desa Bangeran, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur,Rabu (19/2) hingga Kamis (20/2). Supervisi dilakukan langsung oleh Manajer Program LPPM BAZNAS, Sugeng Prayitno.

Sugeng mengatakan pengukuran IPZ ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses, hasil dan dampaknya dari pendampingan yang telah dilakukan oleh LPPM selama program berlangsung.

“Pengukuran dilakukan melalui proses wawancara dan kunjungan langsung ke kelompok serta melihat data perkembangan program. Ada lima aspek yang diukur pada pengukuran IPZ ini yaitu aspek sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, dan dakwah. Hasil pengukuran IPZ ini akan menjadi dasar langkah intervensi program pada tahap selanjutnya di Balai Ternak Gresik,” jelasnya.

Selain itu, dalam rangka peningkatan kapabilitas Balai Ternak BAZNAS, LPPM BAZNAS juga melakukan pendampingan, pelatihan, dan pengawasan. Pendampingan dilakukan melalui pertemuan dan kunjungan rutin oleh pendamping ke kelompok ternak dan supervisi oleh LPPM BAZNAS. Tak hanya untuk memberikan solusi, supervisi ini juga untuk memantau perkembangan kelompok dan ternak.

Balai Ternak BAZNAS Gresik berdiri pada 11 Oktober 2019 dan telah memiliki 2 kelompok Balai Ternak yaitu Kelompok Sumber Makmur dan Kelompok Barokah. Hingga Februari 2020 ada 35 Peternak Mustahik telah tergabung di Balai Ternak BAZNAS Gresik.


#SemestaKebajikanZakat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PendayagunaanBAZNAS
#PeternakBerdaya

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)
www.baznas.go.id

Leave a Comment