LPPM BAZNAS Adakan Training Online untuk Pendamping Program Balai Ternak

Home / Berita / LPPM BAZNAS Adakan Training Online untuk Pendamping Program Balai Ternak

Lembaga Pemberdayaan Mustahik (LPPM) BAZNAS adakan Training of Trainer (ToT) kepada pendamping program Balai Ternak BAZNAS secara online melalui platform google meet dan dihadiri oleh 18 peserta yang terdiri dari pendamping program dan tim LPPM BAZNAS, pada Jumat (8/5/2020). Kegiatan ini sudah dilaksanakan sebanyak 4 kali dan ditargetkan selesai pada pertengahan Mei 2020.

Kegiatan ToT ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas pendamping program Balai Ternak BAZNAS. Hingga Mei 2020 ini ada 10 Balai Ternak BAZNAS yang diberdayakan oleh LPPM. Pemateri ToT berasal dari semua pendamping dan tim LPPM sesuai dengan kapasitas dan keahlian masing-masing. Harapannya ada transfer knowledge di antara pendamping dan semua tim.

Nantinya materi ToT akan dikumpulkan dan dijadikan satu buku yang berisi materi pandampingan yang isinya terdiri dari berbagai materi seperti :

  1. Materi teknis peternakan
  2. Materi keuangan kelembagaan, dan administrasi
  3. Materi dokumentasi
  4. Materi syariat islam dalam ibadah dan muamalah.
  5. Materi Motivasi
  6. Materi Kebencanaan dan Lingkungan

Pada ToT yang ke 4 ini materi disampaikan yaitu teknis administrasi oleh Tika Ayu Lestari, motivasi etos kerja dan tangan diatas oleh Sunarya, Motivasi beternak dan berbisnis oleh Rofiq, Pengolahan produk kulit domba oleh Gagan Setiawan, Pengolahan susu dan daging sapi oleh Penas, Rukun iman, islam, ihsan oleh M Nasir, dan fiqih sholat, zakat, infak, dan siroh nabi oleh Namun Susanto.

Ajat Sudarjat selaku Kepala LPPM menyampaikan bahwa ToT ini menjadi kegiatan untuk menyamakan kapasitas pendamping terkait materi pendampingan yang nantinya akan disampaikan kepada peternak mustahik.

“Harapannya target pencapaian peternak Mustahik yang mandiri secara ekonomi, kelembagaan dan mental spiritual bisa terwujud”, ujar Ajat.

#SemestaKebajikanZakat

#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment