Launching Balai Ternak Lampung Tengah

Home / Event Balai Ternak / Launching Balai Ternak Lampung Tengah

Latar Belakang

BAZNAS adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional dan profesional. BAZNAS merupakan lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden. Balai Ternak BAZNAS adalah salah satu Program pendayagunaan di bidang ekonomi yang bergerak dalam sektor peternakan, dengan tujuan untuk memberikan penguatan dan mensejahterakan masyarakat miskin melalui program peternakan yang dilakukan dengan metode pemberian asset produktif yang harus dikembangkan secara berkelanjutan, pendampingan, supervisi, monitoring, pelatihan-pelatihan maupun penyuluhan terkait budidaya ternak, mental spiritual, motivasi, kelembagaan, keuangan dan pemasaran dari hasil peternakannya.

Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Lampung Tengah merupakan program pemberdayaan peternak mustahik dalam sektor peternakan yang terbentuk pada tanggal 14 September 2019 dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 30 KK yang terdiri dari 3 kelompok ternak yaitu :

  1. Kelompok Rambon Asri terdiri dari 10 KK, berlokasi di Kampung Rejo Asri, Dusun 06, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah.
  2. Kelompok Lumintu terdiri dari 10 KK, berlokasi di Kampung Rukti Endah, Dusun 1, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah.
  3. Kelompok Langgeng, berlokasi di Kampung Rukti Endah, Dusun 7, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah.

Kabupaten Lampung Tengah merupakan daerah yang memiliki potensi yang cukup besar dalam upaya pengembangan sektor pertanian, termasuk di sub sektor peternakan. Selama ini Lampung Tengah telah dikenal sebagai lumbung daging di provinsi Lampung, selain itu Lampung Tengah memiliki potensi yang besar di sektor pertanian dan perkebunan.

Potensi peternakan, pertanian dan perkebunan yang unggul ditambah mayoritas masyarakatnya yang bekerja sebagai petani sekaligus peternak, kondisi ini tentunya memberikan peluang bagi pengembangan sektor peternakan dan pertanian serta menjadikan daerah ini memiliki peran yang strategis dalam membangun perekonomian, dan akhirnya dapat mendongkrak kesejahteraan dan ekonomi masyarakatnya. Lahan yang subur menjadi modal utama masyarakat sekaligus sebagai mata pencaharian petani dan peternak.

Berdasarkan kondisi tersebut Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS dan BAZNAS Kabupaten Lampung Tengah menginisiasi Program usaha peternakan yang diarahkan pada sistem pertanian terintegrasi tanaman ternak (Integrated Farming). Dengan integrated farming maka pertanian dan peternakan dapat dipadukan sehingga keuntungan dapat ditingkatkan dan tidak menghasilkan limbah. Integrated farming merupakan suatu sistem berkesinambungan dan tidak berdiri sendiri serta menganut prinsip segala sesuatu yang dihasilkan akan kembali ke alam, ini berarti limbah yang dihasilkan akan dimanfaatkan kembali menjadi sumber daya yang dapat menghasilkan.

Integrated farming tersebut selain mampu menyediakan limbah ternak (kotoran kambing) diproses menjadi kompos dan pupuk organik cair, limbah pertanian juga dapat diproses menjadi salah satu sumber pakan ternak. Sistem ini dapat menekan biaya produksi dan dapat memperbaiki kesuburan lahan sehingga menciptakan usaha pertanian yang berkelanjutan dan berdayasaing.

Program Pemberdayaan ini dijalankan dengan berbasis komunitas dalam bentuk kelompok. Kelompok inilah yang akan menaungi para petani dan peternak yang menjadi penerima manfaat program. Sebagai pembuka Program Balai Ternak BAZNAS dan Integrated Farming, maka LPPM-BAZNAS dan BAZNAS Kabupaten Lampung Tengah mengadakan acara bertajuk Launching Program Pemberdayaan. Pada acara ini ada 3 (tiga) kegiatan yang akan dilakukan antara lain :

  1. Launching Integrated Farming (Balai Ternak BAZNAS dan Pertanian)
  2. Pentasyarufan Program Pemberdayaan BAZNAS Kabupaten Lampung Tengah
  3. Tabligh Akbar

Acara launching ini rencananya akan dihadiri oleh Bupati Lampung Tengah, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten Lampung Tengah, Kadis Peternakan dan Perkebunan Lampung Tengah, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK), Kepala Jurusan Peternakan Universitas Lampung, UPTD Dinas Peternakan Wilayah Tengah, Camat, Kepala KUA, UPZ ZCD dan UPZ Kecamatan Seputih Raman, penerima manfaat yang tergabung dalam kelompok peternak dan beberapa tamu undangan lainnya.

Acara launching ini merupakan awal dari berjalannya Program Balai Ternak BAZNAS, yang selanjutnya akan diadakan pembinaan dan pendampingan secara intensif kurang lebih selama 2 (dua) tahun dengan tujuan agar dapat meningkatkan produktivitas ternak, menambah pendapatan peternak, terbentuknya kelembagaan lokal dan kemandirian kelompok.

Tujuan Kegiatan (Purpose)

  1. Mensosialisasikan BAZNAS dan LPPM.
  2. Mensosialisasikan program pemberdayaan Balai Ternak BAZNAS kepada pihak terkait.
  3. Membangun silaturahmi dengan masyarakat dan para pihak terkait.
  4. Menerapkan program integrated farming

Hasil yang Diharapkan (Output)

  1. Tersosialisasikannya zakat peternakan kepada khalayak umum
  2. Tersosialisasikannya konsep program Balai Ternak kepada stakeholder dan khalayak umum.
  3. Terbangunnya sinergi antara BAZNAS dengan stakeholder yang terkait untuk bersama-sama mengentaskan kemiskinan melalui pengelolaan zakat produktif.
  4. Terlaksananya program integrated farming

Waktu Pelaksanaan

  • Tempat                :  Lapangan Kampung Rukti Endah
  • Hari/Tgl                :  Jum’at, 25 Oktober 2019
  • Waktu                  :  Pkl. 13.00 s/d 17.30 WIB
  • Alamat                 :  Kampung Rukti Endah Rt 017/Rw06, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah

Bentuk Kegiatan

  • Simbolisasi launching peresmian Balai Ternak BAZNAS
  • Peninjauan kandang dan domba
  • Press conference

Leave a Comment