Kurban Online BAZNAS Berdayakan Peternak Mustahik di Bekasi

Home / Berita / Kurban Online BAZNAS Berdayakan Peternak Mustahik di Bekasi

Kurban Online BAZNAS telah usai dilaksanakan mulai dari Jumat (31/7/2020) hingga Senin (3/8/2020) di 24 Provinsi Indonesia. Kurban ini dilakukan di tempat pemotongan hewan dan rumah potong hewan yang telah disiapkan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Manfaat dari Kurban Online BAZNAS tak hanya dirasakan oleh mudhohi yang dimudahkan untuk melaksanakan kurban ataupun masyarakat sekitar yang menerima daging kurban tapi juga peternak mustahik yang ikut diberdayakan.

Kurban Online BAZNAS sejak awal mengusung konsep pemberdayaan melalui membeli ternak dari peternak di desa, menyembelih di desa, dan mendistribusikan di desa. Salah satu kelompok peternak yang merasakan pemberdayaan melalui pelaksanaan Kurban Online BAZNAS adalah peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Bekasi di Desa Sukaindah.

Sebanyak 50 ekor domba yang disembelih pada Sabtu (1/8/2020) hingga Minggu (2/8/2020) merupakan ternak yang dipelihara oleh peternak mustahik. Dengan penjualan ternak tersebut dapat memudahkan peternak untuk menjual ternaknya dan mendapatkan peningkatan pendapatan. Selain itu, 19 orang peternak mustahik juga ikut dalam program cash for work sebagai petugas pelaksana penyembelihan hingga pendistribusian.

Saekuni salah satu peternak mustahik menyampaikan bahwa di tengah pandemi dan kesulitan ekonomi saat ini peternak masih bisa menjual hasil ternaknya melalui Kurban Online BAZNAS sehingga ternak yang dipelihara dapat menghasilkan pendapatan.

Pelaksaan Kurban Online BAZNAS di Balai Ternak BAZNAS Bekasi telah dirasakan manfaatnya oleh 1140 keluarga melalui pendistribusian daging kurban secara langsung ke rumah masyarakat di 7 desa sekitar Balai Ternak BAZNAS yaitu Desa Sukaindah, Desa Sukamurni, Desa Sukakerta, Desa Sukakarya, Desa Karangpatri, Desa Sindangsari, danDesa Pantai Bahagia.

#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment