Koperasi Binaan BAZNAS Ikuti Pelatihan Pemahaman dan Pengendalian Intern Koperasi

Home / Berita / Koperasi Binaan BAZNAS Ikuti Pelatihan Pemahaman dan Pengendalian Intern Koperasi

Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Garut mengundang 16 koperasi yang telah memiliki badan hukum untuk mengikuti pelatihan prinsip pemahaman dan pengendalian intern koperasi. Pelatihan ini diselenggarakan di Hotel Banyu Alam, Jalan Raya Cipanas, Tarogong, Garut, Senin (9/3). Dari 16 koperasi yang diundang, salah satunya adalah Koperasi Konsumen Peternak Mekar Jaya yang dimiliki oleh Balai Ternak BAZNAS Garut. Pelatihan ini diwakili oleh Gagan Setiawan pendamping Balai Ternak BAZNAS Garut dan Iman Saepul yang merupakan pengurus Koperasi Mekar Jaya.

Pelatihan ini sebagai salah satu komitmen dan dukungan dari pemerintah kabupaten dalam bentuk pembinaan kepada koperasi yang dikelola oleh masyarakat, ujar Rahma selaku penanggung jawab pelatihan dari Divisi Bidang Pengawasan Dinas Koperasi dan UMKM Garut.

Salah satu pengisi materi adalah Pakar akutansi dan koperasi di Garut Freddy Antoni, mengisi materi Sistem Pengendalian Intern Koperasi yang mencakup penerapan system kepatuhan, masalah kelembagaan, usaha, penilaian kesehatan koperasi, dan penerapan sanksi.

Peserta sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan dikarenakan ada sesi khusus diskusi dan presentasi oleh peserta yang di bagi kedalam 2 kelompok dan menbahas permasalahan di dalam koperasi.

Iman Saepul, salah satu peternak dan pengurus dari Koperasi Mekar Jaya Balai Ternak BAZNAS mengatakan sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini karena tidak semua koperasi baru yang bisa mendapatkan pelatihan ini.

“Dengan adanya acara ini kami selaku koperasi baru lebih memahami terkait pengawasan dan pengendalian ternak di dalam koperasi. Semoga ilmu dari pelatihan ini bisa kami terapkan di Koperasi Mekar Jaya Balai Ternak BAZNAS Garut, sehingga dapat mempercepat pengembangan usaha peternak mustahik,” ujar Iman.

Koperasi Konsumen Peternak Garut merupakan salah satu program pengembangan usaha di Balai Ternak BAZNAS yang diberdayakan oleh LPPM BAZNAS yang diluncurkan pada 13 Februari 2020. Peluncuran koperasi ini sebagai langkah menuju kemandirian peternak mustahik dalam mengembangkan diri di organisasi lokal.

#SemestaKebajikanZakat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PendayagunaanBAZNAS
Badan Amil Zakat Nasional
www.baznas.go.id

Leave a Comment