Kiat Mustahik Balai Ternak BAZNAS Magelang Tingkatkan Produktivitas

Home / Berita / Kiat Mustahik Balai Ternak BAZNAS Magelang Tingkatkan Produktivitas

Berdiri satu tahun yang lalu, Balai Ternak BAZNAS Magelang memiliki 2 kelompok Balai Ternak yaitu Kelompok Berkah Makmur yang pertama kali dibentuk tahun 2018 dan penambahan satu kelompok baru yang bernama Kelompok Al Barokah.

Balai Ternak BAZNAS Magelang sendiri merupakan salah satu Kelompok Peternakan yang menjadi pusat pencontohan di Kabupaten Magelang karena memiliki tingkat produktivitas ternak terbaik. Pada tahun 2019, Balai Ternak BAZNAS Magelang mendapatkan predikat Balai Ternak dengan produktifitas terbaik. Sehingga semakin banyaknya populasi ternak dan tingginya transaksi di Balai Ternak BAZNAS Magelang tidak terlepas dari kegigihan peternak mustahik yang sehari-hari merawat ternak.

Proses Pembersihan Kandang Domba 

Aktifitas sehari-hari yang dilakukan Peternak adalah melakukan pembersihan kandang supaya ternak dapat nyaman di kandang. Kemudian dilakukan pengumpulan kotoran dari ternak domba yang nantiknya akan dimanfaatkan sebagai kompos sehingga dapat menambah pemasukan peternak. Setelah kandang bersih, Peternak melakukan proses ngarit rumput untuk mencukupi kebutuhan ternak.

Jumbuh sebagai salah satu peternak di Balai Ternak BAZNAS juga selalu melakukan pengecekan kondisi ternak, seperti pencukuran bulu domba, penimbangan, dan pemberian obat. Jika ada ternak yang sakit akan langsung dilakukan pengobatan dan pemberian obat. Jumbuh sudah terbiasa melakukan setiap aktifitas tanpa harus didampingi pendamping. Salah satu kiat yang dilakukan di Balai Ternak Magelang adalah melakukan proses pencatatan untuk setiap perkembangan ternak maupun transaksi peternakan.

Pembuatan Pakan Kering Ternak

“Saya sangat terbantu dengan adanya pendampingan, pelatihan, dan panduan dari LPPM BAZNAS dalam beternak sehingga semua ilmu yang diberikan dapat saya terapkan. Harapannya kedepan setiap peternak bisa juga melakukan semuanya secara mandiri,” ujar Jumbuh.

Semoga Balai Ternak BAZNAS Magelang terus bisa meningkatkan produktifitas ternak dan menjadi pusat peternakan modern dikawasan Magelang dan Jawa Tengah.


#SemestaKebajikanZakat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PendayagunaanBAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)
www.baznas.go.id

Leave a Comment