Kiat Balai Ternak BAZNAS Gresik Jaga Kesehatan Domba

Home / Berita / Kiat Balai Ternak BAZNAS Gresik Jaga Kesehatan Domba

Kelompok Sumber Makmur merupakan salah satu kelompok Balai Ternak BAZNAS Gresik yang terletak di Dusun Sido Rukun, Desa Kertosono, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sampai Februari 2020 ini, Kelompok Sumber Makmur telah memiliki 15 peternak mustahik.

Hewan ternak yang dibudidayakan di Balai Ternak BAZNAS Gresik adalah domba. Tingkat pertumbuhan populasi ternak di Balai Ternak BAZNAS Gresik cukup baik yakni mencapai 361 ekor domba per Januari 2020.

Kelompok Balai Ternak BAZNAS Gresik terus berkomitmen untuk menghadirkan konsep peternakan modern salah satunya melalui menjaga kesehatan ternak. Berbagai upaya yang dapat dilakukan dalam menjaga kesehatan ternak seperti memandikan, mencukur bulu, memberikan obat, mencukupi kebutuhan berbagai upaya treatment salah satunya yaitu menjaga lingkungan kendang.

Seperti yang terlihat pada hari Minggu (1/3), kelompok peternak mustahik melakukan pencukuran bulu pada domba. Pencukuran bulu domba ini sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan domba.

Adapun manfaat yang didapatkan yaitu pertumbuhan bulu akan lebih bagus, domba bebas dari parasite karena bulu domba menjadi salah satu sumber tumbuhnya parasite, dan menunjang pengemukan. Proses yang dilakukan adalah menidurkan domba, kemudian dilakukan pencukuran bulu.

Selain melakukan pencukuran bulu domba selanjutnya yang dilakukan adalah melakukan pemberian obat cacing dan memandikan domba. Berkat arahan yang dilakukan oleh LPPM BAZNAS melalui pendampingan, supervisi, dan pelatihan dasar peternak, kini peternak mustahik bisa melakukan perawatan ternak dan pemeliharaan kesehatan ternak tanpa harus didampingi pendamping.

#SemestaKebajikanZakat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PendayagunaanBAZNAS
Badan Amil Zakat Nasional
www.baznas.go.id

Leave a Comment