Kiat Balai Ternak BAZNAS di Bekasi Jaga Kualitas Ternak Menjelang Kurban

Home / Berita / Kiat Balai Ternak BAZNAS di Bekasi Jaga Kualitas Ternak Menjelang Kurban

Balai Ternak BAZNAS Bekasi yang terletak di Desa Sukaindah, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi melakukan persiapan menyambut Kurban yang akan diadakan di akhir Juli 2020 melalui monitoring rutin, pada Senin (6/7/2020). Kondisi ternak terbaik yang sesuai syariat menjadi prioritas Balai Ternak BAZNAS Bekasi sebagai salah satu penyuplai hewan kurban untuk Kurban Online BAZNAS maupun penjualan langsung hewan kurban.

Monitoring rutin dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kualitas ternak domba berupa penimbangan, pengecekan kondisi fisik, pengecekan usia ternak, dan monitoring kesehatan. Dari hasil monitoring yang telah dilakukan rata-rata bobot ternak domba di Balai Ternak BAZNAS Bekasi cukup besar mulai 26-35 Kg.

Adapun kiat yang dilakukan peternak mustahik untuk menjaga kondisi ternak sebagai hewan kurban adalah dengan memberi pakan dengan formulasi yang tepat secara rutin, pengecekan kesehatan ternak setiap hari, menjaga kebersihan kandang melalui desinfektan rutin, dan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 selama melaksanakan kegiatan di Balai Ternak BAZNAS.

Seperti yang dilakukan oleh Endang yang merupakan peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Bekasi yang sedang membuat formulasi pakan yang akan diberikan kepada ternak. Pakan yang diberikan beragam sesuai dengan perencanaan bobot yang diinginkan. Dalam kesehariannya dalam beraktivitas di Balai Ternak, Endang selalu mengunakan APD seperti masker untuk memproteksi diri dan menjaga lingkungan kandang.

Momen hari raya Idul Adha merupakan salah satu waktu yang dinantikan oleh peternak untuk melakukan penjualan ternak baik untuk kebutuhan Kurban Online BAZNAS 2020 maupun penjualan ternak langsung . Dengan terlibat sebagai mitra Kurban Online BAZNAS tahun ini diharapkan dapat mempercepat peningkatan pendapatan dan kemandirian peternak mustahik melalui semangat pemberdayaan yang dilakukan BAZNAS. Namun Susanto selaku pendamping program Balai Ternak BAZNAS Bekasi menargetkan bisa menyuplai sekitar 100 ekor domba untuk kebutuhan Kurban di Tahun 2020 ini.

#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment