Kelompok Balai Ternak BAZNAS Bogor Bangun Rumah Kompos

Home / Berita / Kelompok Balai Ternak BAZNAS Bogor Bangun Rumah Kompos

Balai Ternak BAZNAS Bogor yang terletak di Desa Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat memulai membangun rumah kompos sebagai salah satu bentuk pengembangan usaha yang diprogramkan oleh LPPM BAZNAS di kelompok Peternak Mustahik. Pembangunan rumah kompos dilakukan dengan gotong  dimulai dari pembersihan lahan, pembuatan kerangka bangunan, pembangunan rumah kompos, hingga nantinya bisa dimanfaatkan.

Rumah kompos seluas 64 meter persegi dibangun tepat di sebelah kandang kelompok Balai Ternak BAZNAS Bogor. Peletakan batu pertama dimulai pada 1 Maret 2020. Pembangunan rumah kompos ini memasuki tahun kedua sejak program Balai Ternak BAZNAS Bogor berdiri. Diharapkan pengembangan usaha ini dapat meningkatkan pemasukan Peternak Mustahik secara ekonomi dan kemandirian peternak.

Sunarya selaku Pendamping Balai Ternak BAZNAS Bogor menargetkan pembuatan rumah kompos ini selesai dan dapat dimanfaatkan hingga pertengahan Maret 2020.

“Hasil kompos dari rumah kompos Balai Ternak BAZNAS Bogor ini ditargetkan dapat dijual sebagai pupuk organik kepada petani disekitar Bogor dan industri pertanian lainnya,” ujarnya.

Rumah kompos ini nantinya akan menjadi tempat pengolahan dan pemanfaatan kotoran ternak di Balai Ternak BAZNAS untuk menjadi kompos yang memiliki nilai jual. Sehingga kotoran ternak tidak terbuang sia-sia.

#SemestaKebajikanZakat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PendayagunaanBAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS RI)
www.baznas.go.id

Leave a Comment