Inovasi Peternak BAZNAS Manfaatkan Limbah Menjadi Biogas

Home / Berita / Inovasi Peternak BAZNAS Manfaatkan Limbah Menjadi Biogas

Peternak Mustahik Balai Ternak BAZNAS Maros Andi (20th) dan Ridwan (22th) yang merupakan anggota peternak Julu Baji melakukan inovasi dengan memproduksi biogas di Desa Toddolimae, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, pada Kamis (2/7/2020). Dengan memanfaatkan kotoran sapi yang diperoleh dari kandang saat membersihkan kandang. Setiap hari rutinitas mengumpulkan kotoran ternak ini dilakukan untuk menjaga kebersihan kandang dan memanfaatkan limbah peternakan sehingga tidak merusak dan terbuang begitu saja.

Dalam pemanfaatan biogas langkah yang dilakukan yaitu feses (kotoran sapi) yang masih segar dimasukkan kedalam inlet biogas sebelum masuk kedalam reaktor untuk memasuki proses fermentasi dan penguapan gas, setelah gas telah terpisah dengan feses maka feses tersebut akan keluar melalui outlet dan dimanfaatkan menjadi pupuk untuk tanaman. Pupuk organik ini dimanfaatkan peternak untuk lahan pakan hijaun rumput gajah yang berada dilingkungan Balai Ternak BAZNAS Maros.

Sedangkan gas yang dihasilkan dari proses biogas dimanfaatkan peternak untuk bahan bakar memasak sehingga dapat menghemat pengeluaran.

Enhal selaku pendamping program Balai Ternak BAZNAS Maros yang mendampingi peternak mustahik dalam pemanfaatan biogas ini menyampaikan bahwa program pemanfaatan teknologi biogas ini dilakukan untuk menjada kandang tetap terjaga kebersihannya dan mempercepat pertumbuhan rumput setelah pupuk yang dihasilkan oleh biogas ini dimanfaatkan.

“Kedepannya dengan pendampingan yang terus dilakukan diharapkan Balai Ternak BAZNAS Maros bisa membuat sistem biogas yang lebih besar lagi sehingga bisa dimanfaatkan oleh lebih banyak masyarakat,” ujar Enhal.

Balai Ternak BAZNAS Maros merupakan salah satu titik pemberdayaan dari BAZNAS melalui Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik dan bekerjasama dengan BAZNAS Kabupaten Maros. Balai Ternak ini diresmikan pada akhir Juni lalu. Balai Ternak BAZNAS Maros merupakan tempat budidaya dan pembiakan ternak sapi dan diharapkan bisa menjadi sentral peternakan sapi di wilayah Indonesia timur dengan kombinasi konsep kandang dan pengembalaan. 

#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment