Launching Balai Ternak Pidie Jaya

Home / Event / Launching Balai Ternak Pidie Jaya
Loading Event
  • This event has passed.

Launching Balai Ternak Pidie Jaya

Balai Ternak Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) wilayah Kabupaten Pidie Jaya adalah program pemberdayaan peternak mustahik yang berlokasi di Gampong Lhok Puuk Kecamatan Panteraja Kabupaten Pidie Jaya. Balai Ternak ini memadukan konsep perbibitan ternak dan penggemukan ternak dengan pemberdayaan masyarakat khususnya petani dan peternak kecil. Konsep perbibitan dan penggemukan ternak yang dijalankan dengan tujuan untuk peningkatan populasi dan peningkatan secara ekonomi. Konsep pemberdayaan meliputi pendampingan yang melibatkan peternak kecil sebagai subyek. Model yang diterapkan adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat (economic community development) dengan memberikan asset produktif berupa ternak kambing.

Jumlah awal ternak program Balai Ternak BAZNAS wilayah Kabupaten Pidie Jaya sebanyak 423 ekor dengan rincian 180 ekor kambing induk betina, 18 ekor kambing pejantan, dan 225 ekor bakalan yang dikelola oleh 45 kepala keluarga, yang mana, satu peternak mengelola 4 ekor kambing induk betina dan 5 ekor kambing bakalan. Sebagai inisiasi program telah disalurkan sebanyak 188 ekor terdiri dari 80 ekor induk kambing betina dan 8 ekor kambing pejantan dan 100 ekor bakalan kepada 20 kepala keluarga yang tergabung dalam kelompok peternak Balai Ternak BAZNAS “TUAH GUREE LHOK PUUK ”. Dari target 180 ekor induk tersebut pada akhir tahun kedua diharapkan bisa menghasilkan minimal 702 ekor anak, sehingga terjadi penambahan populasi menjadi 890 ekor (terdiri dari 180 ekor induk awal, 18 ekor pejantan, dan 702 ekor anak).

Perputaran bisnis penggemukan bakalan terjadi sebanyak tiga kali dalam setahun. Jumlah yang dijual  setiap kali panen sebanyak 100 ekor. Dengan demikian dalam setahun terjadi penjualan bakalan jantan hasil penggemukan sebanyak 300 ekor. Kambing tersebut dipasarkan untuk kebutuhan pasar lokal maupun kebutuhan se-provinsi aceh.

Dampak secara ekonomi dari usaha peternakan yang dijalankan adalah peningkatan pendapatan peternak per bulan sebesar Rp. 800.000,-. Dengan penambahan pendapatan tersebut, peternak akan meningkat penghasilnya dari Rp. 1.151.500,- menjadi Rp. 1.951.500,-. Jika dibandingkan dengan Garis Kemiskinan Nasional tahun 2018 (Rp. 1.601.613,-), penghasilan tersebut lebih tinggi sebesar 21,85%. Artinya, program Balai Ternak BAZNAS wilayah Kabupaten Pidie Jaya yang akan dijalankan, insyaa Allah dapat membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan atau menurunkan angka kemiskinan.

Selama program berjalan, BAZNAS akan melakukan pendampingan secara intensif selama minimal 2 tahun. Pendamping ditempatkan di lokasi program dan membaur serta tinggal di lokasi program. Pendamping akan menjadi motivator, fasilitator, dan mediator untuk mengembangkan masyarakat dalam hal teknis beternak, kelembagaan, organisasi, mental spiritual, dan pengembangan agribisnis. Dengan adanya pendampingan tersebut, ditargetkan bisa mewujudkan kemandirian masyarakat dari tiga sisi. Pertama, Kemandirian Ekonomi, penerima manfaat meningkat pendapatannya sehingga terlepas dari garis kemiskinan dan bisa menabung untuk masa depan anak dan keluarga. Kedua, Kemandirian Kelembagaan, penerima manfaat tergabung dalam lembaga lokal (koperasi, peguyuban, gabungan kelompok, dll) yang mampu mengembangkan diri dan organisasi secara swadaya dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar program. Ketiga, Kemandirian Mental Spiritual, penerima manfaat meningkat ketaqwaannya kepada Allah SWT dengan meningkatkan aktivitas ibadah, baik ibadah ritual (sholat, puasa, haji) maupun ibadah sosial (zakat, infaq, shodaqah, kurban, menjauhi riba).

Detil

Mulai:
September 26, 2016
End:
September 26
Event Categories:
,
Event Tags:
, ,
Situs Web:
lppm.baznas.go.id

Penyelenggara

LPPM BAZNAS
Telepon:
021 390 4555
Email
lppm@baznas.go.id
Situs Web:
lppm.baznas.go.id

Venue

Balai Ternak Pidie Jaya
Dayah Thauthiatut Tarbiyah, Gampong/Desa Lhok Puuk
Pidie Jaya, Banda Aceh Indonesia
Telepon:
021 390 4555
Situs Web:
lppm.baznas.go.id