Launching Balai Ternak Gresik

Home / Event / Launching Balai Ternak Gresik
Loading Event
  • This event has passed.

Launching Balai Ternak Gresik

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Didalam misi BAZNAS point ke tiga disebutkan yaitu “Mengoptimalkan pendistribusian dan pendayagunaan zakat untuk pengentasan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pemoderasian kesenjangan sosial”. Untuk mengimplementasikan misi tersebut BAZNAS menginisiasi program Balai Ternak dengan membentuk Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik.

Maka dari itu Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS menginisiasi program Pemberdayaan Berbasis Komunitas melalui Program Balai Ternak BAZNAS berbasis kelompok dengan melibatkan mustahik sebagai anggota kelompok atau penerima manfaat untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Balai Ternak BAZNAS ini memadukan konsep perbibitan ternak dan penggemukan ternak dengan pemberdayaan masyarakat khususnya petani dan peternak kecil.  Konsep perbibitan dan penggemukan ternak yang dijalankan dengan tujuan untuk peningkatan populasi ternak dan peningkatan secara ekonomi. Konsep pemberdayaan meliputi pendampingan yang melibatkan peternak kecil sebagai subyek agar mereka mampu memberdayakan dirinya dan keluarganya. Model yang diterapkan adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat (economic community development) dengan memberikan asset produktif berupa ternak domba kambing dan sapi untuk dikelola dan dikembangkan secara berkelanjutan.

Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Gresik merupakan salah satu program pemberdayaan peternak mustahik dalam sektor peternakan yang terbentuk pada tanggal 18 Agustus 2019 dengan jumlah penerima manfaat saat ini sebanyak 35 KK yang terdiri dari 2 kelompok ternak yaitu :

  1. Kelompok Ternak Barokah terdiri dari 20 KK, berlokasi di Desa Bangeran, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik – Jawa Timur.
  2. Kelompok Ternak Sumber Makmur terdiri dari 15 KK, berlokasi di Desa Kertosono, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik – Jawa Timur.

Penerima Manfaat merupakan warga masyarakat yang tergolong miskin dan telah terjaring dan terverifikasi dari hasil Studi Kelayakan Peternak Mustahik (SKPM). Kelompok Ternak terbentuk setelah dilakukan Pelatihan Dasar Kelompok (PDP) yang diikuti oleh semua calon anggota kelompok. Kelompok inilah yang akan menaungi para peternak yang menjadi penerima manfaat program.

Jumlah ternak yang sudah disalurkan ke kelompok Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Gresik yaitu 329 ekor. Jumlah tersebut terdiri dari 14 ekor pejantan, 140 ekor induk dan 175 ekor bakalan. Ternak domba ini dikelola oleh 35 kepala keluarga untuk dikembangbiakan, dimana setiap peternak akan memelihara 4 ekor induk dan 5 ekor bakalan. Dari hasil budidaya ini diharapkan selama pemeliharaan 2 tahun dapat menghasilkan anak minimal 588 ekor.

Pengembangan usaha kelompok yang dikembangkan dari hulu sampai hilir. Penjualan bakalan setiap 3 (tiga) bulan sekali, Penjualan sate, catering, penjualan pakan ternak, penjualan kompos dan pupuk cair, penjualan produk olahan hasil ternak (bakso, rendang, dendeng, abon, sosis, corned, nugget, kerupuk kulit, susu dan sebagainya).

Selama program berjalan, BAZNAS akan melakukan pendampingan secara intensif selama minimal 2 tahun. Pendamping ditempatkan di lokasi program dan membaur serta tinggal di lokasi program. Pendamping akan menjadi motivator, fasilitator, dan mediator untuk mengembangkan masyarakat dalam hal teknis beternak, kelembagaan, organisasi, mental spiritual, dan pengembangan agribisnis. Dengan adanya pendampingan tersebut, ditargetkan bisa mewujudkan kemandirian masyarakat dari tiga sisi.

Pertama, Kemandirian Ekonomi, penerima manfaat meningkat pendapatannya sehingga terlepas dari garis kemiskinan dan bisa menabung untuk masa depan anak dan keluarga.

Kedua, Kemandirian Kelembagaan, penerima manfaat tergabung dalam lembaga lokal (koperasi, peguyuban, gabungan kelompok, dll) yang mampu mengembangkan diri dan organisasi secara swadaya dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar program.

Ketiga, Kemandirian Mental Spiritual, penerima manfaat meningkat ketaqwaannya kepada Allah SWT dengan meningkatkan aktivitas ibadah, baik ibadah ritual (sholat, puasa, haji) maupun ibadah sosial (zakat, infaq, shodaqah, kurban, menjauhi riba).

Detil

Tanggal:
Oktober 10
Event Categories:
,
Event Tags:
, ,
Situs Web:
lppm.baznas.go.id

Penyelenggara

LPPM BAZNAS
Telepon:
021 390 4555
Email
lppm@baznas.go.id
Situs Web:
lppm.baznas.go.id

Venue

Balai Ternak Gresik
Desa Kertosono, Kecamatan Sidayu, Kab. Gresik, Jawa Timur
Gresik, Jawa Timur Indonesia
+ Google Map
Telepon:
021 390 4555
Situs Web:
lppm.baznas.go.id