Dedikasi Peternak Mustahik BAZNAS Tingkatkan Ekonomi Keluarga di Balai Ternak Magelang

Home / Berita / Dedikasi Peternak Mustahik BAZNAS Tingkatkan Ekonomi Keluarga di Balai Ternak Magelang

“Sayangi ternakmu maka dia akan memberikan hasil untukmu”. Prinsip inilah yang menjadi pegangan Jumbuh, salah seorang anggota Balai Ternak BAZNAS Berkah Makmur Magelang dalam menjalankan tugasnya sebagai peternak di balai ternak. Bergabung di Balai Ternak Magelang sejak Desember 2018, bapak satu anak ini merupakan salah satu anggota paling aktif dan semangat dalam mengikuti setiap pendampingan dan pelatihan yang diberikan oleh LPPM BAZNAS. 

Sejak berdirinya kelompok ini, Jumbuh selalu melaksanakan tugasnya dengan maksimal. Pria 35 tahun ini selalu tertib dalam merawat hewan ternak, dengan membersihkan kandang, melakukan recording, pengobatan secara rutin. Jumbuh mengatakan ini dilakukannya semata-mata agar dapat menghasilkan ternak yang sehat dan memiliki daya jual yang bagus. Tentunya hal ini dilakukan untuk meraih satu tujuan utama yakni peningkatan ekonomi keluarganya. 

“Sebuah kebanggan tersendiri bisa mendapatkan pelatihan dan pendampingan cara merawat ternak melalui konsep peternakan modern dari BAZNAS karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan ini,” ujar Jumbuh.

Jumbuh berkeyakinan menyayangi ternak sama seperti ia menyayangi keluarga. Berkat dedikasinya dalam merawat hewan ternak, ternak yang ia rawat sudah bisa memberikan hasil yang cukup untuk menunjang perekonomian keluarga.

Jumbuh berharap ia dan Peternak Mustahik lainnya di Balai Ternak BAZNAS Magelang bisa terus meningkatkan kemampuan beternak sehingga tidak bergantung kepada pendamping. Dengan menjadi peternak yang berdaya saing, Jumbuh berkomitmen untuk memajukan balai ternak sebagai sebuah tempat untuk berkarya, bekerja, beramal demi meraih kemandirian ekonomi.  

#SemestaKebajikanZakat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PendayagunaanBAZNAS
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)
www.baznas.go.id

Leave a Comment