Meraih MIMPI dengan BETERNAK

Home / Berita / Meraih MIMPI dengan BETERNAK

Bogor, Jum’at 21 Juni 2019 Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Hari ini pendamping balai ternak Cimande, melakukan aktivitas seperti biasanya yaitu pendampingan kepada Peternak-peternak di Balai Ternak Cimande, Bogor. Peternak yang didampingi hari ini adalah Bapak Endang

Bapak Endang merupakan salah satu anggota kelompok Balai Ternak Cimande, Bogor. Beliau tinggal di Kp. Lembur Situ RT/RW 001/005 Desa Cimande Hilir, Kec. Caringin, Kab. Bogor. Pak Endang berumur 58 tahun, dengan memiliki 7 orang anak dan 6 orang cucu.

Sehari-hari pak Endang mengarit rumput untuk domba nya, dalam sehari beliau mendapatkan rumput sebanyak 2-3 karung. Selain rumput, pakan yang ia berikan berupa sayuran atau daun-daun limbah pasar. Walaupun umurnya tidak muda lagi, tapi semangat beliau tidak kalah dengan peternak lain yg umurnya lebih muda darinya.

Pak Endang juga adalah salah satu Peternak yg cekatan dalam beternak, ia selalu melihat peluang dari setiap aktivitas program pendampingan. Salah satu contohnya adalah beliau memanfaatkan kotoran domba untuk dibuat menjadi kompos yang kemudian digunakannya untuk pertanian agar hasilnya lebih baik dan mengirit pengeluaran. Selain itu beliau juga sangat selektif dalam memberikan pakan pada ternaknya, karena pakan baginya merupakan hal penting dalam beternak. Saat ini ternaknya sudah 3 ekor yg melahirkan, dengan 2 ekor melahirkan masing-masing 1 ekor, dan 1 ekor bibit yg lain melahirkan kembar 2 ekor. Semoga semangat Pak Endang dapat tertular ke peternak lainnya, sehingga masing-masing Peternak dapat mengembangkan Peternakannya dengan lebih baik lagi.

Leave a Comment