BAZNAS Gelar Pelatihan Kampung Tanggap Bencana untuk Pendamping Balai Ternak

Home / Berita / BAZNAS Gelar Pelatihan Kampung Tanggap Bencana untuk Pendamping Balai Ternak

Potensi bencana di wilayah Indonesia yang cukup tinggi mengharuskan setiap warga negara harus memiliki kemampuan upaya mitigasi dan tanggap bencana sehingga dapat mengurangi risiko bencana. Pendidikan dan pelatihan kebencanaan merupakan salah satu langkah dini yang bisa dilakukan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya tanggap terhadap bencana. Dalam rangka meningkatkan upaya mitigasi dan kemampuan tanggap bencana di lingkungan Balai Ternak BAZNAS, Lembaga Pemberdayaan Mustahik (LPPM) BAZNAS dengan mengandeng BAZNAS Tanggap Bencana adakan Training of Trainer (ToT) kepada pendamping program Balai Ternak BAZNAS.

Mengangkat tema “Kampung Tanggap Bencana”, ToT diadakan secara online melalui platform google meet dan dihadiri oleh 18 peserta yang terdiri dari pendamping program dan tim LPPM BAZNAS, pada Jumat (8/5/2020). Materi disampaikan oleh Kepala BAZNAS Tanggap Bencana yaitu Dian Aditya Mandana Putri.

Dalam penyampaiannya pemateri menuturkan bahwa pengurangan resiko bencana sangat penting dilakukan untuk meminimalisir dampak ekonomi. Salah satu upaya yang dilakukan melalui pengaplikasian kampung tanggap bencana. Kampung Tanggap Bencana memiliki strategi pelibatan warga dengan pendekatan informal dan sosialisasi. Pelibatan penuh komunitas dalam memetakan profil desanya yang berhubungan dengan kebencanaan dengan metode PRA (Parcipatory Rural Appraisal) Sejarah kejadian bencana, Peta Wilayah, Mata Pencaharian, Siklus Musim, Transformasi sosial.

Setelah pelaksanan Training of Trainer (ToT) kepada pendamping selanjutnya pendamping akan menyampaikan kepada peternak mustahik untuk bisa diaplikasikan di Balai Ternak BAZNAS sehingga bisa menjadi penggerak pengurangan risiko bencana di sekitar Balai Ternak.

#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment