BAZNAS Fasilitasi Pengujian Sampel Pupuk Kompos Balai Ternak Bogor

Home / Berita / BAZNAS Fasilitasi Pengujian Sampel Pupuk Kompos Balai Ternak Bogor

Balai Ternak BAZNAS Bogor merupakan salah satu titik pemberdayaan peternakan dengan aktivitas utama pembiakan ternak dan penggemukan ternak. Selain itu Balai Ternak BAZNAS Bogor kini telah memasuki tahapan pengembangan usaha seperti pengolahan daging domba, pengembangan kolam ikan, usaha aqiqah, integrasi pertanian, dan pengolahan kompos melalui rumah kompos.

BAZNAS terus berupaya meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh mustahik salah satunya dengan memfasilitasi pengujian sampel pupuk kompos pada Kamis (27/8/2020).

Pengujian sampel kompos dilakukan di Laboratorium Ilmu Tanah Departemen Ilmu Tanah dan Manajemen Sumber Daya Lahan, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB). Pada Bulan Juni, Balai Ternak BAZNAS Bogor melakukan uji coba pembuatan kompos dengan bahan utama kotoran domba, arang sekam, kapur tani, molasses, dan mikroorganisme. Sekitar akhir Juli, kompos tersebut sudah matang dan siap dipasarkan.

Untuk lebih menarik minat pasar dan menambah nilai penjualan diperlukan pengujian laboratorium berupa analisis kualitas kompos yang dihasilkan.

Adapun analisis yang dilakukan pada kompos untuk melihat kandungan C-Organik, hara makro, bahan ikutan (plastik, kaca, kerikil), kadar air, hara mikro, kandungan Fe, pH, mikroba kontaminan, dan kandungan logam berat. Diperkirakan hasil uji sampel kompos ini akan selesai 1-2 bulan kedepan.

M. Sirajatun Kurniawan selaku supervisor program LPPM BAZNAS menyampaikan bahwa pengujian sampel ini dilakukan sebagai upaya mendorong kualitas produk kompos hasil produksi mustahik untuk bisa dapat bersaing dan merambah pasar yang lebih luas.

#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment