BAZNAS Beri Edukasi Efisiensi Reproduksi Ternak Lewat Kelas Online

Home / Berita / BAZNAS Beri Edukasi Efisiensi Reproduksi Ternak Lewat Kelas Online

Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS kembali mengelar BAZNAS Online Class Farming Batch 7 yang merupakan wadah untuk meningkatkan kapasitas peternak, pendamping program peternakan, dan masyarakat pelaku usaha peternakan di Indonesia, pada Jumat (8/5/2020) . Diadakan melalui platform live streaming youtube melalui BAZNAS TV dan dihadiri oleh 48 peserta.

Materi kelas online yang ke-7 ini disampaikan oleh drh. Deddy F. Kurniawan yang merupakan pelaku usaha peternakan, konsultan peternakan, sekaligus owner Dairy Pro Malang didampingi oleh Manajer Program LPPM BAZNAS,Sugeng Prayitno selaku moderator.

Tema yang disampaikan tentang “Membuat Kebuntingan dan Kelahiran yang Mudah dan Lancar Pada Ternak”. Dalam pemaparannya drh. Deddy menyampaikan tentang mengatur jarak kelahiran (calving interval) yang ideal beserta bagaimana membuat sapi lebih mudah bunting dengan menerapkan SOP saat penanganan pada masa kering kandang, menjelang kelahiran, dan saat kelahiran.

“Jika peternak dapat melakukan efisiensi reproduksi dan penerapan SOP pada ternak maka akan meningkatkan produktifitas ternak dan mampu meningkatkan pendapatan peternak”, ujar drh. Deddy.

Bambang Marsono salah satu peserta pada sesi diskusi menyakan terkait tips mengatasi terjadinya infeksi pada masa produktif birahi hari 45-60 hari melahirkan pada ternak. Drh Deddy menjawab bahwa infeksi pada domba dan kambing jarang terjadi dan jika terjadi pada sapi umumnya disebabkan oleh kebersihan yang kurang.

“Untuk mencegah infeksi hal yang perlu dilakukan adalah mengusahakan melahirkan senormal mungkin dan menambahkan injeksi antibiotic kepada induk yang baru melahirkan” ujar drh. Deddy.

BAZNAS Online Class Farming akan terus dilaksanakan setiap hari Jumat pada pukul 09.00-11.00 WIB di Channel BAZNAS TV. Diharapkan dengan kelas ini, ditengah pandemic yang melanda Indonesia peternak dapat terus meningkatkan produktifitas dan kapasitas diri.

#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment