Balai Ternak Serang

Home / Program / Balai Ternak Serang

Balai Ternak BAZNAS Kelompok Baja Farm adalah program pendayagunaan ekonomi sektor peternakan kerjasama dengan BAZNAS Provinsi Banten yang dibentuk pada Tahun 2017. Program tersebut memberdayakan para peternak miskin di Desa Baros Jaya Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang dengan harapan peternak mampu memberdayakan dirinya dan keluarganya. Adapun kegiatan yang terdapat di program Balai Ternak BAZNAS Wilayah Serang antara lain :

  1. Balai budidaya hewan ternak Desa Baros Jaya
  2. Balai pakan ternak Desa baros Jaya
  3. Balai lelang Desa Baros Jaya
  4. Balai pengolahan hasil samping ternak

Adapun rincian hal tersebut dibagi menjadi beberapa jenis kegiatan, antara lain yaitu:

  1. Balai Budidaya ternak terdiri atas : pembibitan ternak, penggemukan dan pemuliabiakan ternak.
  2. Balai pakan ternak terdiri atas : hijauan pakan ternak, pengembangan pakan alternatif / pakan penguat.
  3. Balai lelang Desa Baros Jaya, terdiri atas : Marketplace, advokasi tataniaga ternak.
  4. Balai pengolahan hasil samping ternak terdiri atas : penjualan kompos, dan pupuk cair.

Peserta program Balai Ternak BAZNAS Desa Baros Jaya adalah sejumlah warga masyarakat kampung Mendong yang tergolong masyarakat miskin dan telah terjaring dan terverifikasi dari hasil survey yang dilakukan oleh Divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan bidang Pemberdayaan Ekonomi Badan Amil Zakat Nasional. Jumlah awal penerima manfaat (mustahik) yang telah terjaring dan terverifikasi sebanyak 36 KK yang tergolong miskin.

Masyarakat Desa Baros Jaya didominasi oleh masyarkat miskin dan merupakan salah satu desa terplosok yang ada di Kabupaten Serang Provinsi Banten. Di desa ini pada umumnya pekerjaan masyarakat kesehariannya sebagai buruh harian lepas, baik buruh tani maupun buruh ternak dan buruh lainnya.

Pelaksanaan program Balai Ternak BAZNAS sangat membantu masyarkat dalam peningkatan kesejahteraan perekonomian, karena beternak bukanlah hal yang baru bagi mereka, melainkan sudah bagian dari rutinitas sehari-hari, namun belum tersentuh oleh edukasi terkait manajemen beternak yang lebih baik dan lebih produktif. Setiap peternak yang terlibat dalam program akan mendapatkan bantuan berupa :

  1. Hewan domba betina sebanyak 6 ekor
  2. Hewan domba jantan sebanyak 2 ekor
  3. Bantuan dana untuk pembuatan kandang
  4. Bantuan dana obat-obatan dan pakan
  5. Pelatihan budidaya ternak
  6. Pendampingan dan pembinaan melalui satu orang pendamping

Adapun anggaran pelaksanaan program Balai Ternak BAZNAS Desa Baros Jaya Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang Provinsi Banten sebesar Rp.360.800.000,- yang terdiri dari dana zakat sebesar Rp.335.800.000,- dan dana infak sebesar Rp.25.000.000,-.

Pada tanggal 18  Desember 2018, telah dilaksanakan musyawarah kelompok Balai Ternak BAZNAS Baros Jaya dalam rangka membahas jumlah keanggotaan aktif yang akan melanjutkan program Balai Ternak BAZNAS di Desa Baros Jaya, Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang yang dihadiri oleh ketua kelompok, 22 anggota kelompok dan satu orang pendamping program. Hasil musyawarah tersebut hanya ada 25 orang yang bersedia untuk ikut melanjutkan program Balai Ternak BAZNAS dan 11 orang lainnya mengundurkan diri. Pada tahun 2019 Balai Ternak BAZNAS Wilayah Serang telah menyalurkan dana bantuan untuk pengadaan ternak dan obat-obatan ternak sebesar Rp 141.675.000,- dimana dana tersebut diserahkan melalui kelompok untuk disalurkan kepada anggota kelompok sebanyak 25 orang. Pengadaan ternak sebanyak 105 ekor (5 pejantan, 50 induk dan 50 bakalan jantan). Setiap peternak mendapatkan tambahan 2 ekor induk dan 2 ekor bakalan jantan, sedangkan untuk pejantan dipelihara secara bergiliran oleh setiap anggota kelompok. Jadi setiap peternak mendapatkan bantuan modal usaha berupa ternak betina dan bakalan jantan senilai Rp 4.900.000,-.

Leave a Comment