Balai Ternak Magelang

Home / Program / Balai Ternak Magelang

Program Balai Ternak BAZNAS wilayah Kabupaten Magelang merupakan program pemberdayaan peternak yang dijalankan oleh Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik – BAZNAS. Progam ini pertama kali di launching pada 11 Desember 2018 yang beranggotakan 20 orang mustahik. Alasan dipilihnya lokasi tersebut karena kultur masyarakat yang asli petani dan peternak, serta kegigihan dalam bekerja dan dan guyup dalam hal gotongroyong yang merupakan ciri khas dari masyarakat Dusun Dayugo. Semua hal tersebut ditunjang dengan sumber daya alam yang melimpah karena lokasi  program tepat dilereng gunung Merbabu. Secara iklim lokasi program sangat strategis, baik dari segi keramaian, suhu udara, situasi lingkungan, dan potensi wilayah yang sangat mendukung untuk produksi ternak.

Selain potensi wilayah tersebut yang cocok untuk sektor produksi, pememilihan lokasi Balai Ternak  BAZNAS di wilayah Magelang karena beberapa hal antara lain :

  1. Kebutuhan sumber pakan ternak yang cukup melimpah, baik hijauan maupun limbah-limbah pertanian.
  2. Magelang merupakan salah satu pusat penyuplay domba terbesar di wilayah Indonesia Bagian Tengah, merupakan kota sebagai jalur alternatif ke arah Wonosobo, Temanggung, Semarang, dan beberapa kota lain. 
  3. Potensi pasar Magelang yang cukup signifikan dikarenakan dekat dengan kota Yogyakarta, yang potensi pasar daging domba juga besar.
  4. Dari data RPH Giwangan Yogyakarta tercatat lebih dari 600 ekor domba disembelih setiap harinya. Maka dari itu dipilihlah Balai Ternak BAZNAS di wilayah Magelang sebagai salah satu pusat Balai Ternak BAZNAS.

Jumlah ternak yang disalurkan kepada kelompok Balai Ternak BAZNAS Wilayah Magelang sebanyak 166 ekor yang terdiri dari 6 ekor pejantan, 60 ekor induk dan 100 ekor bakalan betina. Ternak ini dikelola oleh 20 orang anggota secara bersama-sama disuatu lokasi kandang koloni.

Leave a Comment