Balai Ternak BAZNAS Tingkatkan Kompetensi Calon Mustahik Lewat Pelatihan Dasar Peternak

Home / Berita / Balai Ternak BAZNAS Tingkatkan Kompetensi Calon Mustahik Lewat Pelatihan Dasar Peternak

Balai Ternak BAZNAS Bogor di Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor terus lakukan penguatan program pemberdayaan peternak salah satunya melalui penambahan jumlah peternak mustahik sebagai penerima manfaat program. Dalam melakukan penambahan peternak mustahik, ada beberapa tahap yang dilakukan yaitu mulai dari Studi Kelayakan Peternak Mustahik (SKPM), pelatihan dasar peternak, dan pengadaan ternak.

Pada Jumat (21/8/2020) hingga Minggu (23/8/2020) Balai Ternak BAZNAS Bogor melakukan pelatihan dasar peternak yang disampaikan oleh Sunarya selaku pendamping program calon peternak mustahik yang telah melewati proses SKPM. Pelatihan Dasar Peternak merupakan pelatihan dasar yang wajib diikuti oleh seluruh peserta program ekonomi BAZNAS. PDP ini juga merupakan salah satu syarat calon anggota baru masuk kedalam kelompok. PDP menjelaskan tentang:
1. Perkenalan baznas dan LPPM
2. Aturan program Balai Ternak BAZNAS
3. Tugas dan tanggung jawab peserta program
4. Materi dasar budidaya ternak

Sebanyak 10 orang calon peternak mustahik mengikuti pelatihan dasar peternak di sekretariatan Balai Ternak BAZNAS Bogor. Kedepannya peternak mustahik yang terpilih akan bergabung sebagai anggota kelompok peternak Madani Farm dengan diberikan modal melalui pengadaan ternak dan selanjutnya akan didampingi untuk pengembangan usaha peternakan dan peningkatan kapasitas beternak.

Sunarya menyampaikan dengan diadakannya pelatihan dasar peternak ini diharapkan dapat meingkatkan pehaman calon peternak mustahik untuk nantinya bisa memiliki kemampuan mengelola ternak baik program penggemukan, pembiakan, dan pengembangan usaha peternakan lainnya.

#LekasPulihIndonesia
#SemestaKebajikanZakat

Leave a Comment