Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat Suplai Kompos untuk Lumbung Siaga Pangan Covid-19

Home / Berita / Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat Suplai Kompos untuk Lumbung Siaga Pangan Covid-19

Pada situasi pandemi saat ini LPPM BAZNAS terus mendorong program pengembangan usaha di Balai Ternak terus digiatkan. Tidak hanya melakukan pembiakan ternak tapi juga mengolah hasil samping ternak, salah satunya melalui pemanfaatan kotoran ternak. Seperti yang dilakukan oleh Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat pada Senin (20/4/2020) yang berada di Desa Langko, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat melakukan suplai kompos ke program lumbung siaga pangan Covid-19 BMD milik BAZNAS Microfinance.

Kompos merupakan pupuk organik yang dimanfaatkan untuk lahan pertanian maupun perkebunan milik keluarga atau family farming. Kompos yang diproduksi di Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat berasal dari kotoran sapi dari kandang peternak mustahik. Adapun proses yang dilakukan melalui pengumpulan kotoran sapi yang dicampurkan dengan bahan lain seperti jerami dan EM4.

Hasil kompos yang diproduksi di Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat diharapkan dapat lebih banyak lagi diproduksi dan dapat menyuplai kebutuhan pertanian di sekitar Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat maupun program pemberdayaan. Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat menyediakan kompos kandang untuk tanaman/bibit serta melakukan pendampingan dan koordinasi dengan mitra BAZNAS BMD Gunung Sari dalam melakukan lumbung siaga pangan covid-19.

Penas selaku pendamping Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat berharap hasil kompos yang diproduksi di Balai Ternak BAZNAS dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk lahan pertaniannya.

“Dengan pemanfaatan kompos ternak ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung lumbung pangan keluarga dan bisa mengurangi pengeluaran setiap harinya untuk pembelian kebutuhan pangan,” ujar Penas.

#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment