Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah Jadi Sarana Menuntut Ilmu Mahasiswa UNILA

Home / Berita / Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah Jadi Sarana Menuntut Ilmu Mahasiswa UNILA

Balai Ternak BAZNAS merupakan program Lembaga Pemberdayaan Mustahik BAZNAS yang tidak hanya memberikan manfaat kepada Peternak Mustahik yang tergabung sebagai anggota tapi juga kepada dunia pendidikan. Salah satunya di Balai Ternak BAZNAS Kelompok Rambon Asri, Lampung Tengah yang menerima Mahasiswa dan mahasiswi angkatan 2018 Jurusan Peternakan UNILA (Universitas Lampung) dalam rangka kegiatan Magang (Praktek Kerja Lapangan). Sebanyak 7 Mahasiwa ini melaksanakan kegiatan magang selama 15 hari.

Kegiatan magang dimulai dari tanggal 7-22 Januari 2020 dan didampingi langsung oleh Indra selaku Pendamping Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah. Selama beberapa hari melaksanakan magang, mereka sangat antusias mengikuti dan terlibat langsung menerapkan ilmu saat di kampus pada kegiatan harian kelompok di Balai Ternak BAZNAS.

Indra sebagai Pendamping Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah sangat terbuka menerima mahasiswa yang magang Balai Ternak.

“Keberadaan Balai Ternak di tengah masyarakat bagi mahasiwa karena mereka dapat langsung belajar di lapangan terkait ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah. Kunjungan magang ini menjadi langkah kerjasama antara Balai Ternak BAZNAS dan Akademisi untuk perbaikan peternak Indonesi. Mahasiswa sebagai Agent of Change juga harus melihat dan belajar langsung bagaimana peternakan di Balai Ternak BAZNAS bisa menjadi salah satu faktor peningkatan ekonomi rakyat “ ujar Indra.

Mahasiswa Peternakan UNILA Mengikuti Kegiatan Kelompok Balai Ternak BAZNAS

Selama beberapa hari ini magang di Kelompok, mahasiwa dilibatkan dalam beberapa kegiatan kelompok diantaranya pada pertemuan rutin kelompok, panen tebon jagung dan daun singkong, produksi silase, serta membuat konsentrat (complete feed), dimana kalau complete feed ini nantinya berhasil dari uji proksimat dan organoleptic maka kan menjadi salah satu sumber pendapatan dan produk unggulan kelompok.

“Kami magang di Balai Ternak BAZNAS karena ingin belajar lebih dekat peternakan rakyat modern dan bagaimana cara mendapatkan pakan, pengolahan, penjualan, serta bagaimana organisasi kelompok ternak bisa aktif dan produktif,” ujar Dani salah satu Mahasiswa Magang dari UNILA.

#ZakatTumbuhBermanfaat

#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik

#PendayagunaanBAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

www.baznas.go.id

Leave a Comment