Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah Gelar Pelaksanaan Kurban dengan Protokol Kesehatan Covid-19

Home / Berita / Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah Gelar Pelaksanaan Kurban dengan Protokol Kesehatan Covid-19

Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah gelar pelaksanaan Kurban Online BAZNAS selama 2 hari pelaksanaan yaitu Minggu (2/8/2020) hingga Senin (3/8/2020). Semua pelaksanaan kegiatan tetap menerapkan protokol pelaksanaan kurban di masa pandemi Covid-19 dimana panitia pelaksana mengunakan Alat Pelindung Diri, mencuci tangan, pemotongan di tempat pemotongan hewan dan meminimalisir jumlah panitia. Hingga pendistribusian daging kurban tidak mengumpulkan massa karena daging langsung diantarkan ke rumah masyarakat di sekitar Balai Ternak BAZNAS.

Sebelum memulai pemotongan kurban seluruh panitia harus mempersiapkan diri mengunakan alat pelindung diri berupa masker, sarung tangan, hairnet, dan apron kemudian sebelum masuk tempat pemotongan hewan harus mencuci tangan terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk menghadirkan pelaksanaan kurban yang aman bagi panitia dan penerima manfaat dari daging kurban. Adapun pelaksanaan Kurban Online BAZNAS mulai dari penyembelihan, pencacahan, pengulitan, pengemasan dilakukan pada ruangan yang berbeda.

Sebanyak 100 ekor domba kambing yang diamanahkan oleh Mudhohi melalui BAZNAS telah dilakukan penyembelihan dan dagingnya didistribusikan sebanyak 2020 paket daging dengan sebaran distribusi di Kampung Rukti Endah, Kampung Rejo Asri , Kampung Ratna Chaton, Kampung Rama Yana, dan Kampung Rantau Fajar.

Kurban Online BAZNAS 2020 ini merupakan kali pertama Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah ikut tergabung sebagai mitra pelaksana. Hal tersebut menambah semangat peternak mustahik yang ikut diberdayakan sebagai penyuplai ternak dengan kepastian akad dan harga yang baik. Sunyoto salah satu peternak mustahik menyampaikan bahwa momen kurban adalah momen yang dinantikan peternak karena jerih payah memelihara domba selama 1 tahun terakhir dapat dinikmati dalam bentuk peningkatan pendapatan.

“Semoga peternak mustahik lebih semangat lagi sehingga bisa terus menghasilkan ternak-ternak yang berkualitas,” ujar Sunyoto.

Sementara itu, Kepala Kampung Rukti Endah, Hj Ahmad Suyatni menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kurban yang tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

“Pelaksanaan kurban yang dilakukan oleh BAZNAS bisa menjadi contoh tauladan dalam pelaksaan kurban dan pemotongan ternak yang mematuhi protokol kesehatan sehingga masyarakat bisa lebih terjaga,” ujar Ahmad.

#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment