Balai Ternak BAZNAS di Bogor Pasarkan Pupuk Kompos Buatan Peternak Mustahik

Home / Berita / Balai Ternak BAZNAS di Bogor Pasarkan Pupuk Kompos Buatan Peternak Mustahik

Pengembangan usaha peternakan di Balai Ternak BAZNAS Bogor sedang masif digalakan, salah satunya adalah usaha produksi pupuk kompos yang merupakan hasil pengolahan kotoran domba yang ada di kandang peternak mustahik. Produksi kompos telah dilakukan sebanyak dua kali dengan hasil yang baik dan saat ini telah siap untuk dipasarkan. Pemasaran pupuk kompos pada tahap awal ini dilakukan di sekitar Kabupaten Bogor dengan target utama adalah petani dan pengguna pupuk sektor rumah tangga.

Sebagai upaya untuk merambah pasar yang luas lagi dan saat ini pupuk kompos sedang dilakukan uji komposisi dari laboratorium dan kedepannya akan dilakukan proses branding serta pemasaran produk secara online maupun offline.

Pada Senin (31/8/2020) Pak Ade salah satu peternak dan pendamping melakukan pengemasan penimbangan pupuk tersebut sesuai dengan pesanan costumer. Jika sebelumnya penjualan kompos masih berupa kemasan 25 kg, saat ini Balai Ternak BAZNAS Bogor, sudah mulai mendapatkan orderan pupuk kompos dengan jumlah yang lebih banyak yaitu sebanyak 100 kg dengan harga Rp130.000 yang dipesan oleh konsumen asal Tajur, Bogor.

Pesanan tersebut disambut baik oleh peternak, sehingga langsung disiapkan untuk pengiriman. Setelah mengemas dan menimbang, pupuk kompos siap diberangkatkan dengan menggunakan dua buah sepeda motor.

Sunarya selaku pendamping program menyampaikan bahwa kedepannya selain pemasaran juga akan terus produksi dan membuat demplot tanaman, yang akan dijadikan sebagai data dan dokumen tertulis.

#SemestaKebajikanZakat
#LekasPulihIndonesia

Leave a Comment