Balai Ternak BAZNAS Bekasi Cukupi Kebutuhan Pakan dengan Pembuatan Silase

Home / Berita / Balai Ternak BAZNAS Bekasi Cukupi Kebutuhan Pakan dengan Pembuatan Silase

Peternak Mustahik di Balai Ternak BAZNAS Bekasi memulai aktivitas pagi dengan mencari rumput dan membuat pakan silase. Pembuatan pakan silase dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pakan pada musim kemarau dan efisiensi waktu mencari rumput. Silase menjadi salah satu alternatif pakan hijauan bagi ternak domba dan kambing. Silase merupakan tekhnologi pengolahan pakan melalui proses fermentasi. Bahan untuk pembuatan silase adalah pakan hijauan.

Peternak di Balai Ternak BAZNAS Bekasi sudah bisa secara mandiri dalam membuat silase. Aktivitas pertama yang dilakukan peternak adalah ngarit rumput. Hasil ngarit rumput pada hari ini telah terkumpul 1.3 ton yang siap diolah menjadi silase.


Setelah pakan terkumpul dilakukan proses pencacahan hijauan mengunakan mesin sehingga didapatkan ukurannya lebih kecil. Kemudian dilakukan fermentasi, proses ini memanfaatkan bahan pakan yang dijadikan substrat penghasil karbohidrat yang nantinya menjadi media tumbuh untuk bakteri anaerob.

Sebelum diberikan pada ternak pakan silase yang telah melalui proses fermentasi didiamkan pada wadah tertutup selama 21 hari.

Endang salah satu peternak sangat terbantu dengan adanya pendampingan yang diberikan BAZNAS, sehingga dapat menghemat waktu dalam mencari pakan setiap hari dan peternak dapat melakukann kegiatan lain. Pakan silase ini juga membuatnya tidak kesulitan mencukupi kebutuhan ternak pada saat musim kemarau.

#SemestaKebajikanZakat
#LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
#PendayagunaanBAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

www.baznas.go.id

Leave a Comment